Media Informasi Kekinian
Indeks

Intip Bahaya Konsumsi Pisang Kepok Berlebihan

SIGERMEDIA.COM –  Intip Bahaya Konsumsi Pisang Kepok Berlebihan. Buah pisang memang kaya manfaat, begitu juga dengan jenis pisang kepok. Rasanya yang enak kerap kali melahab dengan porsi yang besar.

Baca Juga : Ini Dia Efek Samping Konsumsi Pisang Merah

Kandungan pisang kepok diantaranya potassium atau kalium, serat, dan zat besi, vitamin C, vitamin B6, magnesium, serta kalori. Pantas saja pisang jenis ini memiliki julukan superfood.

Baca Juga : 7 Manfaat Pisang Kepok, Baik untuk Darah Rendah

Namun, manfaat tersebut tidak akan diperoleh ketika mengonsumsi pisang kepok dengan jumlah berlebih. Ternyata terdapat efeknya, berikut dampak buruk ketika mengonsumsi pisang secara berlebih:

Bahaya Konsumsi Pisang Kepok Berlebihan

1. Membuat berat badan naik
Kandungan serat dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi ketika kamu makan pisang terlalu banyak, efeknya berkemungkinan akan sebaliknya.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat dengan Pisang Merah

Pisang mengandung tinggi karbohidrat dan kalori, ketika dimakan dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut menurut Penn Medicine.

Sedangkan menurut Cleveland Clinic, jumlah gula yang tinggi pada pisang bisa membuat berat badan naik dan membuat lingkar pinggang bertambah beberapa inci.

Baca Juga : Beragam Manfaat Pisang Ambon bagi Penderita Asam Lambung

2. Gula darah melonjak
Pisang yang terlalu matang akan mengandung Indeks Glikemiks (GI) 62 atau di titik GI moderat. Adapun GI memiliki skala 0-100, hal ini menurut University of Sidney

Siapa pun yang ingin menjaga gula darah tetap stabil perlu menjauhi makanan dan minuman dalam dengan GI sedang atau tinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh U.S. National Library of Medicine.

Baca Juga : Khasiat Manfaat Pisang Ambon Bagi Kesehatan

Gula darah yang tinggi pada orang-orang yang tubuhnya tidak bisa mengatur kadar insulin dengan benar, maka bisa menyebabkan koma diabetes dan bahkan kematian. Hindarilah mengonsumai berlebih

3. Memicu hiperkalemia
Kalium ketika terlalu banyak dikonsumsi akan merusak nutrisi. Pisang memang mengandung banyak kalium. Jika makan terlalu banyak, maka akan membuat tubuh mengembangkan hiperkalemia, suatu kondisi yang mengganggu fungsi sel saraf dan otot.

Baca Juga : Ragam Jenis Pisang Kepok

4. Merusak gigi
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa makan pisang memiliki dampak merusak gigi lebih besar daripada cokelat atau permen tinggi gula. Hal tersebut menurut Orlando Sentinel.

5. Sembelit
Pisang mengandung cukup banyak asam tanat menurut Makerere University. Walaupun kandungannya tidak akan banyak berpengaruh dalam dosis kecil, orang-orang yang suka makan pisang dalam jumlah banyak sekaligus mungkin bisa merasakan efek samping.

Baca Juga : Ini Dia Efek Samping Pisang Ambon, Jika Dimakan Berlebihan

Sembelit mungkin pernah dialami setiap orang, tetapi sembelit kronis dapat menyebabkan kerusakan parah pada saluran pencernaan dan memerlukan penanganan dokter

6. Migrain
Sebuah penelitian yang diterbitkan melalui U.S. National Library of Medicine, tyramine terbukti memengaruhi cara berkembangnya migrain, dan sayangnya, pisang memiliki banyak kandungan kimia ini.

Baca Juga : Ini Dia Penyebab Rambut Berminyak Meski Telah Keramas

Jumlah pisang ideal

Satu atau dua buah pisang setiap harinya masih tergolong asupan moderat bagi orang-orang yang sehat, hal ini menurut Healthline. Kamu juga menerapkan pola makan seimbang untuk mendapatkan kecukupan nutrisi tubuh, selain mengonsumsi pisang.

Editor – Devi Ari L

Temukan Artikel Viral kami di Google News