Media Informasi Kekinian
Indeks

“KJRI Penang Mempromosikan UMKM dan Wisata Lokal, Tingkatkan Potensi Ekonomi dan Pariwisata”

KJRI Penang Promosikan UMKM dan Destinasi Wisata Indonesia di PIHEC ke-12

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang di Malaysia turut mempromosikan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan destinasi wisata Indonesia pada acara “Pameran dan Konferensi Halal Internasional Penang (PIHEC) ke-12” di Penang pada tanggal 23-25 Juni 2023.

Partisipasi Indonesia dalam PIHEC tahun ini semakin beragam karena melibatkan berbagai daerah di Indonesia. Stan KJRI menampilkan produk-produk khas Sumatera Barat seperti kripik balado Christine Hakim, kain tenun sarung dari Provinsi Aceh Ija Kroeng, serta produk-produk Indonesia yang diimpor oleh Yi Poh Enterprise Sdn.

Selain itu, stan Provinsi Sumatra Selatan menampilkan produk kain tenun dan pempek Palembang, sedangkan stan Kabupaten Banyumas membawa produk andalan berupa gula kelapa, produk mode berbahan eco-print, batik tradisional khas Banyumas, dan kerajinan dari daun mending.

Ketua Menteri Penang Chow Kon Yeow menegaskan bahwa sektor halal memiliki potensi besar dalam memperkuat perekonomian Penang secara jangka panjang dengan memanfaatkan basis konsumen di luar perbatasan Penang. Pameran yang diikuti 23 negara antara lain China, Chili, Spanyol, Indonesia, Kamboja dan Vietnam tersebut menekankan bahwa konsep halal selama ini identik dengan Islam namun universal dan diharapkan Penang dapat menjadi hub industri halal bagi negara-negara sahabat.

Usai membuka PIHEC, Ketua Menteri Penang secara khusus mengunjungi stan Indonesia yang selama pameran banyak dikunjungi masyarakat Malaysia termasuk peserta pameran lain yang ingin mengetahui dan mendapatkan produk-produk asal Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan penetrasi ekspor produk-produk UMKM Indonesia di wilayah utara Malaysia, dan juga meningkatkan intensitas kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air. Diharapkan, partisipasi Indonesia dalam PIHEC dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM dan pariwisata di Indonesia.

Temukan Artikel Viral kami di Google News