Media Informasi Kekinian
Indeks

Menuju Indonesia Emas 2045: Komitmen Transisi Energi Berkelanjutan

Pemerintah Indonesia Menunjukkan Komitmen Terkait Isu Iklim Melalui Berbagai Kebijakan

Pemerintah Indonesia telah menunjukkan komitmen yang konkret terkait isu iklim dengan mengeluarkan berbagai kebijakan. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan saat menghadiri Indonesia Net-Zero Summit 2023 yang dilaksanakan di Jakarta pada Sabtu (24/6/2023).

Indonesia secara aktif menciptakan platform kerja sama internasional dalam upaya dekarbonisasi dan transisi energi, termasuk melalui kerja sama Indonesia dalam Just Energy Transition Program (JETP). Menurut Luhut, Indonesia akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi sambil sejalan dengan upaya dekarbonisasi untuk mencapai net zero. Indonesia memiliki 5 pilar utama untuk mencapai hal itu, yaitu industrialisasi, digitalisasi, distribusi ekonomi, dekarbonisasi, dan interkoneksi.

Salah satu dari pilar tersebut adalah pemerintah tengah mendorong transisi penggunaan kendaraan menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), termasuk pembangunan industri terkait. Indonesia juga memiliki potensi besar sebagai pusat penyimpanan karbon dengan kapasitas penyimpanan yang luas.

Dengan berbagai indikator ini, menunjukkan bahwa Indonesia sedang berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara maju. Strategi yang dimiliki diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dan adil. Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik kerja sama internasional yang sinergis dalam pembangunan ekonomi dan dekarbonisasi.

Temukan Artikel Viral kami di Google News