Media Informasi Kekinian
Indeks

Pemerintah Terus Mendorong Pertumbuhan UMKM dengan Lebih Inovatif!

Bea Cukai Dorong UMKM Melalui Ekspor ke Luar Negeri

Pemerintah terus mendorong perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) salah satunya dengan ekspor produk UMKM ke luar negeri. Untuk mendukung hal tersebut, Bea Cukai melakukan asistensi kepada para pelaku usaha dalam negeri. Bea Cukai memiliki kewenangan pengawasan dan pelayanan di bidang ekspor.

Bea Cukai Banjarmasin, Bea Cukai Tanjungpinang, dan Bea Cukai Magelang adalah beberapa Bea Cukai yang melakukan asistensi ekspor. Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto, menyatakan bahwa Bea Cukai juga bersinergi dengan instansi pemerintah lainnya dalam mendorong UMKM untuk meningkatkan potensinya melalui ekspor.

Bea Cukai Banjarmasin memberikan asistensi ekspor UMKM yang dihadiri oleh pelaku UMKM Kabupaten Tanah Laut. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut. Bea Cukai memaparkan terkait peran dan fungsi Bea Cukai, teknis dan prosedur untuk melakukan ekspor, serta beberapa kiat bagi pelaku UMKM agar produknya dapat bersaing di pasar internasional. Beberapa kisah sukses juga disampaikan dalam kegiatan tersebut, salah satunya oleh CV Kebun Bunga Urban yang telah berhasil mengekspor tanaman hias ke pasar Asia, Eropa, hingga Amerika.

Bea Cukai Tanjungpinang juga memberikan asistensi kepada pengguna jasa melalui kunjungan langsung ke lapangan. Asistensi tersebut dilakukan ke Bintan Coffee Roaster. Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai meninjau proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan. Bintan Coffee Roaster berencana akan mengekspor produknya ke Amerika.

Sementara itu di Jawa Tengah, Bea Cukai memberikan asistensi ekspor kepada D’Lizfood, salah satu UMKM yang bergerak di bidang komoditas herbal di kawasan wisata Borobudur. Produk yang ditawarkan oleh D’Lizfood setidaknya terdiri dari 42 item herbal yang telah tersertifikasi halal. Bea Cukai Magelang turut membantu UMKM dalam menembus pasar internasional dengan memanfaatkan jaringan perdagangan yang dimiliki Bea Cukai.

Komitmen Bea Cukai dalam membantu UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui ekspor sangatlah penting. Dengan adanya asistensi ini, pelaku UMKM dapat memahami teknis dan prosedur untuk melakukan ekspor, serta dapat meningkatkan potensi bisnisnya di pasar internasional. Semoga kerja sama antara Bea Cukai dan UMKM terus berjalan dan dapat membawa manfaat yang baik bagi kedua belah pihak.

Temukan Artikel Viral kami di Google News