Media Informasi Kekinian
Indeks

“Ketersediaan Hewan Kurban di Bogor Dipantau oleh Mentan, Stok Nasional untuk Iduladha Aman Tersedia”

Kesiapan Hewan Kurban Dipastikan Aman Menjelang Iduladha Tahun Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan ketersediaan hewan kurban secara nasional dalam kondisi aman menjelang perayaan Iduladha tahun ini. Hal tersebut disampaikan Mentan SYL saat mengecek langsung ketersediaan hewan kurban di Kandang Kelompok Ternak milik PT Bima Jaya Farm yang berlokasi di Jalan Sholeh Iskandar, Simpang Yasmin, Kota Bogor, pada Senin (19/6/2023).

Pengecekan langsung ini dilakukan untuk memastikan kesiapan hewan kurban dalam rangka persiapan Idul Kurban yang sebentar lagi akan berlangsung. Depo Sapi Qurban Bima Jaya Farm yang diperiksa langsung oleh Mentan SYL menampung 900 ekor sapi yang 90 persen di antaranya berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), dan 150 kambing/domba.

Berdasarkan informasi Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), seluruh hewan kurban di sini dipastikan telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Bahkan usai meninjau depo itu, Mentan SYL menyebut bahwa semua hewan kurban dalam kondisi sehat dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pihak Kementan bersama dengan pemerintah daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota senantiasa berkoordinasi untuk mempersiapkan hewan kurban tahun ini dalam segala aspek. Mereka telah membentuk tim gugus tugas yang setiap minggunya melaporkan kesiapan hewan kurban di tingkat daerah.

“Tahun ini, saya pastikan Kementan mempersiapkan hewan kurban dengan jauh lebih baik dalam segala aspek, tentu Kementan bersama dengan Kabupaten dan Provinsi yang ada di Indonesia,” terang Mentan SYL.

Ketersediaan hewan kurban saat ini dalam kondisi cukup bahkan surplus. Kementan mencatat, ketersediaan hewan kurban 2023 secara nasional baik sapi, kerbau, kambing maupun domba mencapai 2.737.996 ekor, sementara kebutuhan hewan kurban tahun ini diproyeksikan sebanyak 1.743.051 ekor atau meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya.

Demikianlah kesiapan hewan kurban dipastikan aman menjelang Iduladha tahun ini. Semoga perayaan Iduladha tahun ini dapat dilaksanakan dengan lancar dan penuh keberkahan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News