Media Informasi Kekinian
Indeks

Pelni Siapkan 68 Kapal Untuk Layani Mudik Lebaran 2023

Mudik Lebaran
Mudik Lebaran

SIGERMEDIA.COM – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni telah menyiapkan 68 kapal untuk melayani masyarakat yang melakukan mudik pada masa Lebaran 2023.

Dalam konferensi pers angkutan Lebaran kapal Pelni tahun 2023 di Jakarta, Senin, Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan bahwa jumlah kapal yang disiapkan untuk masyarakat di seluruh perairan Indonesia terdiri dari 26 kapal penumpang atau kapal besar Pelni dan 42 kapal perintis.

Kapasitas Armada Kapal Pelni

Sebanyak 26 kapal penumpang memiliki total kapasitas 32.447 tempat duduk dan menyinggahi 71 pelabuhan, sedangkan 42 kapal perintis memiliki total kapasitas 16.092 tempat duduk dan menyinggahi 273 pelabuhan.

Rencana operasi angkutan Mudik Lebaran dari Pelni dimulai pada tanggal 7 April 2023 hingga 8 Mei 2023.

Peak Season Angkutan Lebaran

Menurut Tri Andayani, masa peak season Lebaran terjadi pada saat peak mudik pada tanggal 17 April atau H-5 dan peak balik pada tanggal 29 April atau H+6.

Oleh karena itu, Pelni telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi angkutan Lebaran 2023.

Persiapan Armada Kapal Pelni

Langkah pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan armada kapal Pelni, terutama dari aspek keselamatan penumpang.

Dilakukan ramp check oleh Kementerian Perhubungan dan BKI (Biro Klasifikasi Indonesia), serta memastikan ketersediaan BBM dengan berkoordinasi dengan BPH Migas dan Pertamina.

Selain itu, Pelni juga melakukan docking terhadap seluruh kapal yang akan melayani masyarakat pada periode Lebaran 2023.

Penyesuaian Rute dan Jadwal Kapal

Langkah strategis lainnya adalah penyesuaian rute dan jadwal kapal, baik mengurangi trayek atau menambah trayek, khususnya untuk mengantisipasi ruas-ruas padat di mana jumlah penumpang pada saat masa Lebaran H-15 sampai H+15 mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

Kemudahan Pembelian Tiket Secara Daring

Langkah berikutnya adalah memperluas cara pembelian tiket secara online. Tiket dapat diakses oleh masyarakat melalui website Pelni, contact center, mobile apps, mini market, dan channel online.

Hal ini memudahkan masyarakat untuk membeli tiket tanpa perlu datang ke loket pembelian tiket di pelabuhan.

Dengan menyiapkan 68 kapal, Pelni siap melayani masyarakat yang melakukan mudik pada masa Lebaran 2023.

Pelni juga telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menghadapi angkutan Lebaran 2023, termasuk mempersiapkan armada kapal, penyesuaian rute dan jadwal kapal pelni, serta kemudahan pembelian tiket secara daring.

Temukan Artikel Viral kami di Google News