Meningkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Generasi Muda di Indonesia
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memiliki komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan generasi muda. Hal ini bertujuan untuk mendukung keberhasilan program Indonesia Emas 2045. Menurut Presiden Direktur Prudential Indonesia, Michellina L Triwardhany, kesadaran pentingnya mengelola finansial harus dimiliki oleh seluruh masyarakat, terlepas usia dan latar belakang ekonomi mereka karena ini merupakan kunci hidup yang lebih sejahtera.
Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen. Sedangkan indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 persen. Data ini menunjukkan pentingnya peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi generasi muda, terutama dalam mendukung keberhasilan program Indonesia Emas 2045.
Program yang dilakukan oleh Prudential Indonesia untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan generasi muda adalah “Financial Literacy for YOUth Festival”. Program ini diikuti oleh sekitar 500 siswa yang berasal dari delapan sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK), serta delapan perguruan tinggi di sekitar Jakarta, Tangerang, dan Tangerang Selatan pada 23 Mei 2023. Financial Literacy for YOUth Festival merupakan komitmen dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberian pengetahuan manajemen keuangan, salah satunya lewat program Community Investment dalam pilar pendidikan.
Prudential Indonesia berharap dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang literasi keuangan, dapat menciptakan masyarakat yang lebih kuat secara finansial. Untuk itu, Prudential Indonesia akan terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan generasi muda guna mendukung keberhasilan program Indonesia Emas 2045.
Baca juga: Prudential: Digitalisasi sebagai strategi tingkatkan literasi keuangan dan Prudential luncurkan PRULink NextGen dan PRULink NextGen Syariah.