Media Informasi Kekinian
Indeks

Menteri BUMN merencanakan pembangunan menara kembar untuk mendukung pusat kota baru di Monas.

Menara Kembar untuk Dukung Pusat Kota Baru di Monas, Jakarta

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merencanakan pembangunan menara kembar atau twin tower di kawasan Monas, Jakarta, sebagai dukungan untuk Pusat Kota (City Center) baru seiring rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara, Kalimantan Timur.

Meningkatkan Nilai Aset BUMN

Erick Thohir memiliki cita-cita besar bahwa ketika IKN didirikan, aset BUMN di Jakarta harus tetap meningkat nilainya. Sebagai contoh, gedung Kantor Kementerian BUMN setelah dipindahkan ke IKN Nusantara, bisa saja dirobohkan dan digantikan dengan kompleks baru yang sesuai dengan rencana DKI Jakarta.

Dukungan untuk Pembangunan Pusat Kota Baru

Erick Thohir memahami kebutuhan Pemerintah DKI Jakarta dalam mempersiapkan kawasan Monas sebagai sebuah City Center baru. Oleh karena itu, ia memberikan dukungan bagi pembangunan Pusat Kota baru dengan meningkatkan nilai aset-aset BUMN yang ada di sekitar Monas.

Aset BUMN Bernilai Tinggi

Tiga aset BUMN yang bernilai tinggi berada di selatan Monas, yaitu Gedung Kementerian BUMN, Gedung Menara Danareksa yang baru direnovasi dan diresmikan, serta BSI Tower yang sedang dalam proses renovasi. Erick telah meminta Danareksa untuk mendorong konsolidasi aset-aset BUMN yang ada di sekitar Monas agar mempersiapkan Property Fund, termasuk aset milik Pertamina.

Menara Kembar sebagai Nilai Tambahan

Gedung Danareksa dan BSI Tower akan disiapkan sebagai Menara Kembar (twin tower) yang akan memberi nilai tambahan pada kawasan Pusat Kota Monas nanti. Erick mengatakan bahwa upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbaiki Monas merupakan rencana besar yang membutuhkan dukungan semua pihak. Adanya IKN tidak berarti Jakarta berhenti berbenah.

Kawasan Monas Menjadi Eksklusif dan Menarik

Kawasan Monas akan menjadi area yang sangat eksklusif dan menarik, terutama dengan adanya Monas di tengahnya. Sebagai contoh, seperti yang ada di New York atau London, ada taman kota yang besar, dan di Monas nantinya akan seperti itu. Erick menambahkan bahwa Menara Danareksa dibangun dengan perhitungan yang matang dan bukan gaya-gayaan, seperti yang terbukti dari target okupansi 75 persen yang berhasil tercapai hingga 82 persen.

Rencana Penghijauan Kembali Kawasan Monas

Dalam cetak biru Plt Gubernur DKI, disebutkan rencana penghijauan kembali kawasan Monas. Proyek ini sama seperti saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, menghijaukan kawasan Gelora Bung Karno.

Dukungan untuk Mewujudkan Jakarta Lebih Baik

Erick Thohir menekankan bahwa rencana pembangunan Pusat Kota baru di Monas membutuhkan dukungan semua pihak. Oleh karena itu, pemerintah melibatkan konsultan untuk mewujudkan Jakarta lebih baik. Dukungan semua pihak diperlukan untuk mewujudkan cita-cita besar tersebut dan membuat Monas menjadi kawasan yang lebih baik dan eksklusif.

Temukan Artikel Viral kami di Google News