Media Informasi Kekinian
Indeks

Kementerian Sosial siapkan perwakilan kasih sayang untuk orang tua di masa muda menjelang Hari Lansia Nasional.

Duta Cinta Lansia Disiapkan oleh Kementerian Sosial di Usia Dini

Kementerian Sosial tengah mempersiapkan duta cinta lansia di usia dini untuk merayakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 yang akan digelar di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat pada tanggal 29 Mei 2023. Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos, Supomo, mengatakan bahwa generasi muda harus mencintai, menyayangi, dan menghormati para lansia sebagai bagian dari penanaman nilai-nilai luhur bangsa.

Bimbingan Teknis Peningkatan Kepedulian dan Perawatan Lansia

Untuk menindaklanjuti semangat tersebut, Kementerian Sosial mengadakan pemilihan duta cinta lansia sebagai bagian dari rangkaian “Bimbingan Teknis Peningkatan Kepedulian dan Perawatan Lansia”. Kegiatan ini diikuti oleh 550 siswa dan siswi kelas V dan VI SD serta kelas VII dan VIII SMP di 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya.

Setelah mengikuti bimtek tersebut, akan dipilih 12 peserta yang dinilai telah menunjukkan keseriusan, keaktifan, dan komitmen selama mengikuti kegiatan untuk menjadi duta lansia. Pemilihan duta lansia bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman pada anak serta mengurangi jumlah lansia yang ditelantarkan keluarga.

Duta Lansia dari Anak Usia Belia

Pemilihan duta lansia dilakukan berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian atas keseriusan, keaktifan, dan komitmen yang diperhatikan peserta selama mengikuti bimtek. Sepuluh duta lansia akan diikutsertakan secara daring dalam acara puncak peringatan HLUN ke-27 dan dua duta lansia akan menghadiri di halaman Kantor Bupati Dharmasraya di mana akan dipasangkan selempang duta lansia oleh Ibu Menteri Sosial didampingi Bupati Dharmasraya.

Bimtek Membahagiakan Lansia di Usia Senjanya

Bimtek digelar selama satu hari dengan menghadirkan dua narasumber, Agus Widiatmo dan Mirsal Gani, dengan tema besar “Membahagiakan Lansia di Usia Senjanya”. Materi bimtek berjumlah 10 jam pelajaran mulai dari pengenalan konsep lansia, permasalahan dan kebutuhan, testimoni lansia bahagia, peran individu keluarga, masyarakat dan pemerintah mewujudkan kesejahteraan lansia, simulasi duta lansia terkait tugas, fungsi, dan tanggung jawab, diskusi, dan membangun komitmen.

Membangun Komitmen Keterlibatan Anak Usia Belia

Bimtek diadakan di SDN 08 Pulau Punjung sebagai upaya menanamkan nilai-nilai pentingnya menghargai lansia kepada siswa SD dan SMP dan perlunya membangun komitmen keterlibatan anak usia belia untuk menghargai dan memenuhi kebutuhan lansia di rumah maupun lingkungan masyarakat. Diharapkan bahwa hasil dari bimtek tersebut, tersedia duta lansia di kalangan anak usia SD dan SMP yang akan berperan aktif sebagai percontohan dan agen perubahan.

Model percontohan itu akan menjadi sosok panutan yang memberikan keteladanan dalam hal komitmen maupun tindakan nyata upaya menghargai dan membantu pemenuhan kebutuhan lansia dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Sementara itu, agen perubahan akan menjadi duta lansia yang menyosialisasikan, membangun komitmen, dan mengajak teman-teman di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat untuk menghargai dan membantu pemenuhan lansia.

Demikianlah artikel tentang persiapan duta cinta lansia di usia dini yang disiapkan oleh Kementerian Sosial menjelang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat pada 29 Mei 2023. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi generasi muda untuk lebih mencintai, menyayangi, dan menghormati para lansia sebagai bagian dari penanaman nilai-nilai luhur bangsa.

Temukan Artikel Viral kami di Google News