Hindari Begadang Sebelum dan Saat Mudik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh yang Prima di Indonesia

Lebaran adalah tradisi yang dilakukan oleh banyak orang di Indonesia untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga. Namun, perjalanan jauh yang panjang dan melelahkan tersebut dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Senior Manager Medical Underwriter Sequis dr. Fridolin Seto Pandu memberikan saran untuk menjaga kesehatan selama perjalanan mudik.

Menjaga pola makan, cukup tidur, dan tidak begadang sebelum dan saat mudik adalah hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh tetap prima. Bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mudik dan memastikan membawa obat-obat yang rutin diminum. Selain itu, membawa vitamin untuk menjaga imun tubuh dan obat antimabuk perjalanan juga dapat membantu.

Mudik biasanya memakan waktu yang cukup lama sehingga perlu mempersiapkan makanan dan camilan sehat agar tubuh tetap fit selama perjalanan. Roti gandum, buah kurma, oatmeal, snack bar bernutrisi, dan kacang-kacangan yang kaya akan omega tiga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Selain asupan makanan dan minuman, istirahat dalam perjalanan juga sangat penting. Jangan memaksakan diri berkendara bila sudah mengantuk karena dapat berbahaya bagi keselamatan pengemudi, penumpang, serta pengguna jalan lainnya. Beristirahat di posko mudik atau rest area selama 15-20 menit dan melakukan gerakan stretching agar tubuh tidak terlalu pegal dan kaku dapat membantu tubuh tetap bugar.

Head of Sequis Digital Channel Antonius Tan juga mengingatkan agar memastikan kendaraan aman dan nyaman, mematuhi rambu dan marka jalan yang ada serta sudah melengkapi diri dan keluarga dengan perlindungan ekstra melalui asuransi kesehatan dan kecelakaan. Kecelakaan dapat menyebabkan kerugian finansial hingga jangka panjang akibat kecelakaan dan atau kematian. Oleh sebab itu, selain waspada, perlindungan melalui asuransi juga perlu dipertimbangkan.

Dalam rangka menikmati perjalanan mudik yang aman dan nyaman, menjaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan sangat penting. Dengan memperhatikan saran-saran yang telah disampaikan, diharapkan perjalanan mudik dapat berjalan lancar dan membawa kebahagiaan bagi seluruh keluarga.