Kia Carnival generasi baru ditarik kembali karena masalah pintu geser

Kia melakukan Penarikan Kembali Sukarela untuk MPV Premium Generasi Baru Carnival di Amerika Serikat

Produsen otomotif Korea Selatan, Kia, telah melakukan penarikan kembali sukarela di Amerika Serikat untuk MPV premium generasi baru Carnival karena potensi masalah dengan pintu geser listrik (PSD). Penarikan kembali sukarela ini melibatkan 51.568 unit Kia Carnival generasi baru yang diproduksi pada tahun 2022 hingga 22 Februari 2023.

Menurut dokumen yang diajukan kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pintu geser listrik dapat tertutup terlalu cepat tanpa pengetahuan pelanggan. Hal ini telah menyebabkan “beberapa cedera” seperti yang disebutkan dalam dokumen tersebut. Kia memulai penyelidikan terhadap masalah ini pada pertengahan 2021 dan menyewa perusahaan rekayasa pihak ketiga untuk melakukan uji coba.

Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan akan menambahkan dua bel pintu saat pintu tertutup. Selain itu, kecepatan pintu geser akan diperlambat saat mendekati titik penguncian. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu bagi penumpang untuk menggerakkan tangan mereka menghindari bahaya. Pembaruan akan ditambahkan melalui pemutakhiran perangkat lunak pada model yang terkena dampak.

Dokumentasi tersebut menyatakan bahwa setidaknya terdapat sembilan laporan cedera akibat masalah ini, termasuk luka, memar, goresan, satu ibu jari yang patah, dan satu lengan yang patah. Kia akan memulai proses pembaruan mulai 28 April di Amerika Serikat. Pembaruan perangkat lunak akan diberikan secara gratis kepada pelanggan. Selain itu, pelanggan Carnival generasi baru juga dapat menghubungi diler mereka masing-masing untuk mempercepat penarikan kembali.

Penarikan kembali tersebut saat ini hanya berlaku di Amerika Serikat, tetapi Kia mungkin juga akan menerapkan pembaruan ini pada Carnival yang diproduksi baru di pasar lain. Penarikan kembali sukarela ini mencerminkan kepedulian Kia terhadap keselamatan pelanggan dan upaya perusahaan untuk memastikan bahwa semua produk yang dipasarkan memenuhi standar keselamatan yang ketat.