Media Informasi Kekinian
Indeks

Jokowi Minta Masyarakat Papua Turut Serta Awasi Dana Pembangunan

Presiden Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub
Presiden Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub

SIGERMEDIA.COM mengingatkan masyarakat Papua untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran pemerintah untuk pembangunan di wilayah tersebut.

Pemerintah pusat telah menyalurkan dana sebesar Rp1.036 triliun untuk pembangunan di Papua sejak tahun 2014 hingga 2022.

Dalam upacara peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada Selasa, 21 Maret yang dilansir oleh ANTARA, Presiden Jokowi mengatakan bahwa uang yang sangat besar ini perlu dijaga dengan baik agar tidak terjadi korupsi.

Pengawasan untuk Menjauhkan dari Korupsi

Presiden Jokowi mengakui bahwa korupsi menjadi masalah di seluruh wilayah pembangunan di Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat Papua untuk mengawasi penggunaan dana pembangunan ini

Dengan pengawasan yang baik, maka dapat menjauhkan dari korupsi yang dapat merugikan masyarakat Papua.

Pembangunan Infrastruktur Papua

Dana tersebut telah digunakan untuk berbagai pembangunan di Papua, seperti pembangunan Jalan Trans Papua sepanjang 3.462 km, jalan perbatasan 1.098 km, Jembatan Youtefa sepanjang 1,3 km, Bandara Domine Eduard Osok, Bandara Wamena, dan pembangunan pos lintas batas di tiga lokasi, yaitu PLBN Skouw di Kota Jayapura, PLBN Sota, dan PLBN Yetetkun.

Semua pembangunan tersebut memberikan dampak positif bagi perkembangan di Tanah Papua.

Papua Youth Creative Hub

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura. Gedung PYCH dibangun dengan dana sebesar Rp105 miliar di atas lahan seluas 1,5 hektare dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk ruang pameran dan teater.

Desain gedung ini menggunakan atap Honai dan atap Kariwari, rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena.

Gedung ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang pengembangan minat, bakat, dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua.

Temukan Artikel Viral kami di Google News