Indonesia Konsisten Dukung Palestina, Meski Israel Ikut Piala Dunia U-20

Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan bahwa keikutsertaan timnas Israel dalam Piala Dunia U-20
Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan bahwa keikutsertaan timnas Israel dalam Piala Dunia U-20

SIGERMEDIA.COM – Indonesia Konsisten Dukung Palestina, Meski Israel Ikut . Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan bahwa keikutsertaan timnas Israel dalam Piala Dunia U-20, yang akan dituanrumahi oleh Indonesia, tidak akan menggoyahkan dukungan Republik Indonesia terhadap Palestina.

Faizasyah menyatakan bahwa posisi pemerintah Indonesia terkait isu Palestina tidak akan pernah berubah dan tetap konsisten.

Hal ini diperkuat dengan kunjungan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh ke Jakarta pada 24 Oktober 2022.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga telah menyuarakan dukungan Indonesia kepada Palestina di berbagai forum internasional, termasuk di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Dewan HAM PBB, juga dalam pertemuan para menlu G20 di India.

Menurut Faizasyah, dalam pertemuan Dewan HAM awal Maret lalu, isu Palestina kembali diangkat oleh Menlu RI, sekali pun dalam pertemuan tersebut tidak banyak negara yang mengangkat isu Palestina.

Pemerintah telah menyiapkan semua jalur—politik, diplomatik, dan keamanan—untuk mengantisipasi pro dan kontra atas keikutsertaan Israel dalam turnamen tersebut.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 telah menuai pro-kontra. Sebagian pihak menilai Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Namun demikian, Timnas U-20 Israel berhak tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia setelah menjadi finalis Piala Eropa U-19 2022.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023, yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.

Meskipun demikian, dukungan Republik Indonesia untuk perjuangan rakyat Palestina tetap konsisten.

Temukan Artikel Viral kami di Google News