Pengertian ASEAN, Sejarah Berdiri dan Tujuan

Pengertian ASEAN, Sejarah Berdiri dan Tujuan
Pengertian ASEAN, Sejarah Berdiri dan Tujuan

SIGERMEDIA.COM – Pengertian , Sejarah Berdiri dan Tujuan. Anda mungkin tahu kata ASEAN. Namun, banyak orang mungkin tidak sepenuhnya mengetahui arti ASEAN, negara anggotanya, sejarah, tujuan, dll.

Didalam mata pelajaran Sejarah tentunya kita pernah mendengar dan belajar mengenai ASEAN baik itu SD maupun SMP.

Lantas apa sih ASEAN Itu dan apa Tujuannya didirikan?

Pengertian ASEAN

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi regional yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar.

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 oleh empat negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Ide berdirinya ASEAN muncul setelah Perang Dingin berakhir pada tahun 1991, yang menyebabkan adanya kekhawatiran bahwa kawasan Asia Tenggara akan menjadi sasaran intervensi dari negara-negara lain.

Oleh karena itu, empat negara pendiri ASEAN bersatu untuk menciptakan kerjasama regional untuk menjaga stabilitas politik dan ekonomi di kawasan tersebut.

Pada awalnya, ASEAN hanya terdiri dari empat negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara juga bergabung dengan ASEAN, sehingga pada tahun 1997, ASEAN terdiri dari 10 negara anggota.

ASEAN bertujuan untuk meningkatkan kerjasama regional di bidang ekonomi, politik, sosial, dan keamanan untuk menciptakan stabilitas dan kemajuan bersama di kawasan Asia Tenggara.

Temukan Artikel Viral kami di Google News